Arsitektur Komputer
Arsitektur Komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian
dasar dari suatu sistem komputer.
Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional
dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan
sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari
masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPUakan bekerja,
dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memory cache, RAM, ROM,cakram keras ,
dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur Von Neumann,CISC ,RISC, Blue Gene,dll.
Arsitektur komputer ini paling tidak mengandung 3
sub-kategori:
- Set Instruksi (ISA)
- Arsitektur Mikro dari ISA, dan
- Sistem desain dari seluruh komponen dalam perangkat keras komputer ini.
Tingkatan
Dalam Arsitektur Komputer
Ada
sejumlah tingkatan dalam konstruksi dan organisasi sistem komputer. Perbedaan
paling sederhana diantara tingkatan tersebut adalah perbedaan antara hardware
dan software.
1.
Tingkatan Dasar Arsitektur Komputer
Pada
tingkatan ini Hardware sebagai
tingkatan komputer yang paling bawah dan paling dasar, dimana pada hardware ini
“layer” software ditambahkan. Software tersebut berada di atas hardware, menggunakannya dan mengontrolnya.
Hardarwe ini mendukung software dengan memberikan atau
menyediakan operasi yang diperlukan software.
2. Multilayerd Machine
Tingkatan dasar arsitektur komputer kemudian dikembangkan dengan memandang sistem komputer keseluruhan sebagai “multilayered machine” yang terdiri dari beberapa layer software di atas beberapa layer hardware. Berikut tingkatan layer tersebut :
Keterangan
:
1. Physical Device Layer.
Merupakan komponen elektrik dan elektronik yang sangat penting
2. Digital Logic Layer.
Elemen pada tingkatan ini dapat menyimpan,memanipulasi, dan mentransmisi data dalam bentuk represeotasi biner sederhana.
3. Microprogrammed Layer.
Menginterprestasikan instruksi bahasa mesin dari layer mesin dan secaa langsung menyebabkan elemen logika digital menjalankan operasi yang dikehendaki. Maka sebenarnya ia adalah prosesor inner yang sangat mendasar dan dikendalikan oleh instruksi program kontrol primitifnya sendiri yang disangga dalam ROM innernya sendiri. Instruksi program ini disebut mikrokode dan program kontrolnya disebut mikroprogram.
4. Machine Layer.
Adalah tingkatam yang paling bawah dimana program dapat dituliskan dan memang hanya instruksi bahasa mesin yang dapat diinterprestasikan secara langsung oleh hardware.
5. Operating System Layer.
Mengontrol cara yang dilakukan oleh semua software dalam menggunakan hardware yang mendasari (underlying) dan juga menyembunyikan kompleksitas hardware dari software lain dengan cara memberikan fasilitasnya sendiri yang memungkinkan software menggunakan hardware tersebut secara lebih mudah.
6. Higher Order Software Layer.
Mencakup semua program dalam bahasa selain bahasa mesin yang memerlukan penerjemahan ke dalam kode mesin sebelum mereka dapat dijalankan. Ketika diterjemahkan program seperti itu akan mengandalkan pada fasilitas sistem operasi yang mendasari maupun instruksi-instruksi mesin mereka sendiri.
7. Applications Layer.
Adalah bahasa komputer seperti yang dilihat oleh end-user.
Peralatan Input
Unit
masukan (Input Unit) yaitu dimana terdapat perintah atau instruksi yang dilakukan
kepada komputer oleh pengguna.
Alat Input :
2. Alat penunjuk.
Contoh : Mouse, Trackball, Light pen, touch screen, unit remote control dll.
3. Alat Otomatisasi data sumber.
Contoh : Optical Mark Reader (OMR), Optical Character Reader (OCR), Handprint Reader.
4. Alat Pembaca Magnetis.
Contoh : MICR (Magnetic Ink Character Recognition).
5. Alat Input Pengenal Suara.
Contoh : Speaker Dependent System.
Pemrosesan Pusat Dan Penyimpanan Sekunder
CPU (Central Processing Unit ) merupakan unit
yang mengendalikan semua unit sistem komputer dan mengubah input menjadi
output.
CPU
terdiri dari CU (Control Unit), ALU (Arithmatic Logical Unit), Register.
CU : bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer.
ALU: bertugas melakukan semua perhitungan aritmatika dan logika yang terjadi sesuai dengan instruksi program.
Register: ruang tampat penyimpanan instruksi dan data yang sedang di proses oleh CPU, sedang instruksi-instruksi dan data lainnya yang menunggu giliran untuk diproses masih disimpan di memori utama.
Primary Storage
merupakan ruang penyimpanan yang berisi data yang sedang diolah dan program yaitu berisi suatu daftar instruksi yang mengolah data.
Primary Storage terdiri dari RAM, ROM, Cache Memory
Secondary Storage
merupakan penyimpanan cadangan / tambahan. Contoh : disket, hardisk, magnetic tape dll.
Unit memori/penyimpanan (Memory / Storage
Unit) yaitu unit penyimpanan dana yang dilakukan computerCU : bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer.
ALU: bertugas melakukan semua perhitungan aritmatika dan logika yang terjadi sesuai dengan instruksi program.
Register: ruang tampat penyimpanan instruksi dan data yang sedang di proses oleh CPU, sedang instruksi-instruksi dan data lainnya yang menunggu giliran untuk diproses masih disimpan di memori utama.
Primary Storage
merupakan ruang penyimpanan yang berisi data yang sedang diolah dan program yaitu berisi suatu daftar instruksi yang mengolah data.
Primary Storage terdiri dari RAM, ROM, Cache Memory
Secondary Storage
merupakan penyimpanan cadangan / tambahan. Contoh : disket, hardisk, magnetic tape dll.
Peralatan Output
Software
adalah instruksi atau program untuk menjalankan sistem komputer.
Software terdiri dari software sistem dan software aplikasi.
Software terdiri dari software sistem dan software aplikasi.
Software
Sistem terdiri dari :
- Sistem operasi
- Program Utility.
- Translator.
Software Aplikasi terdiri dari :
- Software aplikasi pemrograman sendiri.
- Software paket jadi.
- Sistem operasi
- Program Utility.
- Translator.
Software Aplikasi terdiri dari :
- Software aplikasi pemrograman sendiri.
- Software paket jadi.
Sistem Operasi
Sistem
Operasi komputer
merupakan software pada lapisan pertama yang diletakkan pada memori komputer,
(memori komputer dalam hal ini ada Hardisk,
bukan memory ram) pada saat komputer
dinyalakan. Sedangkan software-software
lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi Komputer berjalan, dan Sistem Operasi
akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum
tersebut seperti akses ke disk,
manajemen memori, scheduling task,
dan antar-muka user. Sehingga
masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum
tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode
yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan kernel suatu
Sistem Operasi.
Sistem
Operasi berfungsi sebagai penghubung antara lapisan hardware dan lapisan
software. selain itu, Sistem Operasi komputer juga melakukan semua perintah
perintah penting dalam komputer, serta menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda
fungsinya dapat berjalan lancar secara bersamaan tanpa hambatan. Sistem Operasi Komputer
menjamin aplikasi perangkat lunak lainnya bisa memakai memori, melakukan input
serta output terhadap peralatan lain, dan mempunya akses kepada sistem file.
Jika beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi Komputer
akan mengatur jadwal yang tepat, sehingga sebisa mungkin semua proses pada
komputer yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan CPU dan
tidak saling mengganggu dengan perangkat yang lain.
Contoh-contoh
dari Sistem operasi
Komputer misalnya adalah Windows,
Linux, MacOS, dan lain lain.
Sistem
Komputer pada dasarnya terdiri dari Central
Processing Unit (CPU), Memori dan peralatan I/O (Input / Output). CPU adalah tempat berlangsungnya semua proses.
Memori merupakan tempat menyimpan program dan data sewaktu keduanya sedang
diproses. Peralatan Input/output bisa berupa keyboard dan monitor serta
penyimpan seperti disket atau tape.
Semua
komputer baik yang berukuran kecil maupun besar pada dasarnya beroperasi dengan
cara yang sama sehingga dimungkinkan transfer data antara komputer yang berbeda
sistemnya. Konsep ini disebut distributed computing,
sedangkan kemampuan komputer yang berbeda untuk berbagi file dan berkomunikasi
disebut open computing.
Dalam
Komputer terdapat standard dan protokol. Protokol adalah aturan-aturan dasar
dalam komunikasi antar komputer, antara komputer dan peralatan I/O, serta antar
program.
Ada beberapa macam protocol antara lain:
- Hypertext Transmission Protocol(HTTP).
- Transmission Control Protocol/Internet Protocol(TCP/IP).
- ATAPI.
Standar
terdapat pada:
- Bahasa Pemrograman : JAVA dan SQL
- Format Data (Image: GIF,JPEG,MPEG dan Text:Unicode)
- Printer : Bahasa Postscript
- Sound : MP3
Aktifitas
komputer dicirikan oleh model input-proses-output (IPO). Disini program menerima
input dari disket, mouse, keyboard, atau peralatan input lainnya, kemudian
melakukan pemrosesan terhadap input tersebut dan akhirnya menghasilkan output
ke disket, printer, layer video atau peralatan output lainnya.
Aplikasi
Perangkat Lunak Aplikasi
1. Pemrograman Sendiri
Perusahaan menempatkan spesial informasi untuk melakukan tugas merancang
sistem berbasis computer yang memenuhi kebutuhan unit perusahaan.
2. Paket Jadi
Ada empat
kelompok besar :
- Paket Aplikasi Bisnis Umum
- Paket Aplikasi Khusus Industri
- Paket Aplikasi Peningkatan Produktivitas Organisasi
- Paket Peningkatan Produktivitas Perorangan
sumber :
materi fotokopian dari dosen
0 komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.