Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik
Perdagangan elektronik atau e-dagang (bahasa Inggris: Electronic commerce, juga e-commerce) adalah penyebaran,
pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik
seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang
dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem
manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.
E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (database), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.
Transaksi
bisnis yang menggunakan akses jaringan, sistem berbasis komputer, dan jaringan
internet.
Perdagangan
melalui Jaringan Elektronik ada 2 jenis :
- Business-to-Customer (B2C)
Perdagangan melalui jaringan elektronik yang berkenaan dengan transaksi antara sebuah perusahaan dengan pemakai akhir dari produk. - Business-to-Business (B2B)
Perdagangan melalui jaringan elektronik yang berkenaan dengan transaksi antara perusahaan-perusahaan yang tidak melibatkan pemakai akhir.
Manfaat Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik
Perusahaan-perusahaan atau organisasi yang ikut
serta dalam perdagangan melalui jaringan elektronik untuk mencapai perbaikan di
seluruh orgnaisasi. Perbaikan tersebut diharapkan menghasilkan tiga (3) manfaat
utama :
· Pelayanan pelanggan meningkat;
· Hubungan dengan pemasok & masyarakat keuangan
meningkat;
· Pengembalian atas investasi pemegang saham dan pemilik yang
meningkat.
Kendala Perdagan Melalu Jaringan Elektronik
Kendala dari perdagangan melalui jaringan
elektronik :
• Biaya Tinggi
• Masalah Keamanan
• Perangkat lunak yang belum mapan atau tidak tersedia.
Jalan Menuju Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik
Jalan menuju
perdagangan melalui jaringan elektronik
• Mengumpulkan intelijen bisnis
• Membentuk suatu sistem antar-organisasi (IOS)
• Mengumpulkan intelijen bisnis
• Membentuk suatu sistem antar-organisasi (IOS)
Strategi Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik
Untuk tiap masalah, ada beberapa kemungkinan solusi, dan situasi ini dapat
diterapkan untuk permasalahan menentukan strategi terbaik perdagangan melalui
jaringan elektronik. Namun strategi yang paling penting disebut adalah strategi
yang elemen-elemennya dikaitkan dengan transmisi data elektronik. Nama yang diberikan untuk strategi ini adalah
sistem antar organisasi (IOS). Istilah lain adalah EDI yang berarti pertukaran
data elektronik. Kedua istilah tersebut
sering dipergunakan bergantian, tetapi jika dibuat suatu pebedaan, EDI dianggap
subset dari IOS. Pertukaran data
elektronik adalah suatu cara untuk mencapai sistem antar-organisasi.
Aktifitas
mengumpulkan informasi tentang elemen-elemen dalam lingkungan yang berinteraksi
dengan perusahaan
Tugas-tugas
intelijen dasar :
• Mengumpulkan Data.
Perusahaan mengumpulkan secara langsung data primer, dan data sekunder yang disediakan pihak lain untuk perusahaan.
• Mengevaluasi Data.
Data primer dan data sekunder dievaluasi untuk memastikan akurasinya sebelum digunakan.
• Menganalisa Data.
Tujuan dari langkah analisa adalah untuk mengubah data menjadi intelijen.
• Menyimpan Intelijen.
Intelijen yang ada harus disimpan sedemikian rupa sehingga mudah untuk pengambilan kembali.
• Menyebarkan Intelijen.
Setelah dalam penyimpanan, intelijen diambil kembali dengan memasukkan parameter pencarian tertentu.
Perusahaan mengumpulkan secara langsung data primer, dan data sekunder yang disediakan pihak lain untuk perusahaan.
• Mengevaluasi Data.
Data primer dan data sekunder dievaluasi untuk memastikan akurasinya sebelum digunakan.
• Menganalisa Data.
Tujuan dari langkah analisa adalah untuk mengubah data menjadi intelijen.
• Menyimpan Intelijen.
Intelijen yang ada harus disimpan sedemikian rupa sehingga mudah untuk pengambilan kembali.
• Menyebarkan Intelijen.
Setelah dalam penyimpanan, intelijen diambil kembali dengan memasukkan parameter pencarian tertentu.
Sistem Antar Organisasi (IOS)
IOS (Interorganizational system),
kadang-kadang disebut sistem informasi antar organisasi, adalah suatu kombinasi
perusahaan-perusahaan yang terkait sehingga mereka berfungsi sebagai suatu
sistem tunggal; yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Perusahaan-perusahaan yang membentuk IOS
disebut mitra dagang atau mitra bisnis.
Manfaat Secara Langsung IOS :
1. Efisiensi komparatif, dapat menyediakan
barang dan jasa lebih murah dari pesaing.
- Efisiensi internal, perbaikan-pebaikan dalam perusahaan.
- Efisiensi antar-organisasi, perbaikan-perbaikan yang diperoleh melalui kerjasama dengan perusaahaan lain.
2. Kekuatan
tawar menawar, kemampuan suatu perusahaan untuk menyelesaikan perselisihan
dengan pemasok dan pelanggan yang menguntungkan dirinya. Kekuatan itu berasal
dari tiga metode dasar:
• Keistimewaan produk yang unik.
• Penurunan biaya yang berhubungan dengan pencarian.
• Peningkatan biaya peralihan.
• Keistimewaan produk yang unik.
• Penurunan biaya yang berhubungan dengan pencarian.
• Peningkatan biaya peralihan.
Manfaat IOS
Manfaat
Secara Tidak Langsung IOS :
•
Mengurangi kesalahan.
• Mengurangi biaya.
• Meningkatkan efisiensi operasional.
• Meningkatkan kemampuan bersaing.
• Meningkatkan hubungan dengan mitra dagang.
• Meningkatkan pelayanan pelanggan.
• Mengurangi biaya.
• Meningkatkan efisiensi operasional.
• Meningkatkan kemampuan bersaing.
• Meningkatkan hubungan dengan mitra dagang.
• Meningkatkan pelayanan pelanggan.
Pertukaran Data Elektronik (EDI)
Pertukaran data elektronik (EDI) adalah transmisi
data dalam bentuk yang terstruktur dan dapat dibaca mesin secara langsung dari
komputer ke komputer diantara beberapa perusahaan. Transmisi tersebut
memungkinkan data ditransmisikan dan diterima tanpa pengetikan ulang.
Hubungan EDI Yang Umum
- Membentuk kaitan antara perusahaan dan pemasoknya (supply side) dan kaitan antara perusahaan dengan pelanggan (customer side).
- Set transaksi adalah suatu jenis dokumen tertentu seperti faktur.
- EDI memungkinkan terjadinya pengisian kembali persediaan oleh penjual dan transfer dana secara Elektronik.
Standar EDI
Standar yang digunakan di Amerika Utara dinamakan ANSI ASC X12. Standar Internasional dinamakan EDIFACT.
Tingkat Penerapan EDI
1. Pemakai tingkat satu, hanya satu atau dua set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang yang terbatas.
2. Pemakai tingkat dua, banyak set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang, melampaui lini industri.
3. Pemakai tingkat tiga, bukan Cuma banyak set transaksi yang ditransmisikan ke banyak mitra dagang, tetapi aplikasi computer perusahaan disesuaikan dengan pendekatan EDI.
Pengaruh
Penerapan EDI :
- Tekanan Pesaing.
- Kekuasaan yang dilaksanakan.
- Kebutuhan Intern.
- Dukungan manajemen puncak.
- Tekanan Pesaing.
- Kekuasaan yang dilaksanakan.
- Kebutuhan Intern.
- Dukungan manajemen puncak.
Manfaat EDI
Beberapa manfaat EDI langsung
berasal dari teknologi. Ini adalah manfaat langsung dari pengurangan
kesalahan, pengurangan biaya, dan peningkatan efisiensi operasional. Manfaat
lain di hasilkan oleh manfaat langsung. Ini adalah manfaat tidak langsung
dari peningkatan kemampuan bersaing, hubungan dengan mitra dagang yang lebih
baik, dan pelayanan pelanggan yang lebih baik..
·
Manfaat Langsung : manfaat yang berasal dari
teknologi.
·
Manfaat Tidak Langsung adalah manfaat lain yang
dihasilkan dari manfaat langsung.
Hubungan manfaat langsung dan tidak langsung :
- Mengurangi Kesalahan.
- Mengurangi biaya.
- Meningkatkan efisiensi operasional.
- Meningkatkan hubungan dengan mitra dagang.
- Meningkatkan pelayanan pelanggan.
Hubungan manfaat langsung dan tidak langsung :
- Mengurangi Kesalahan.
- Mengurangi biaya.
- Meningkatkan efisiensi operasional.
- Meningkatkan hubungan dengan mitra dagang.
- Meningkatkan pelayanan pelanggan.
Teknologi Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik
Komunikasi data adalah bidang komputasi
yang sedang mendapatkan perhatian paling besar, dengan internet dalam
sorotan. Internet membuka berbagai
peluang baru dihampir semua bidang bisnis, termasuk perdagangan melalui
jaringan elektronik. Namun, untuk
perusahaan-perusahaan yang ingin membangun sistem antar organisasi dengan
menggunakan EDI, beberapa teknologi lain juga dapat dipertimbangkan.
Pilihan teknologi
Terdapat
tiga pilihan teknologi utama, yakni :
•
Sambungan Langsung, menggunakan sirkuit yang disedian
oleh jasa telekomunikasi
•
Jaringan bernilai tambah, antara lain berupa layanan perangkat
lunak, pengolahan data, dll.
•
Internet, memungkinkan jaringan komunikasi
global yang tidak hanya menghubungkan para mitra bisnis tetapi juga mencakup.
Dan materi download SIM
0 komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.