Pages

Senin, 01 April 2013

8 Pulau Terluar Di Indonesia



1. Pulau Simeulucut 






Pulau Simeulucut termasuk salah satu pulau terluar yang terletak di Kabupaten Simeulue, Nanggroe Aceh Darussalam. Pulau ini cukup landai dengan pantainya berpasir putih dan ombak yang cukup tenang. Pulau ini memiliki luas wilayah sekitar 714 km2.
Pulau Simeulucut mempunyai iklim basah dengan curah hujan rata-rata 2.828 mm/tahun. Pada setiap hari hujan turun terlebih dahulu diawali dan diselingi dengan panas dan terik matahari.suhu udara maksimum di Pulau Simeulucut berkisar 25 ? 33 oC dan suhu udara minimum berkisar 18 - 24 C.

2. Pulau Sentut





Pulau Sentut, adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di perairan laut Cina Selatan atau perbatasan Indonesia dengan Malaysia, dan merupakan wilayah dari pemerintah kabupaten Bintan, provinsi Kepulauan Riau. Pulau ini berada di sebelah timur dari pulau Bintan dengan koordinat 1° 2′ 52″ LU, 104° 49′ 50″ BT. 

3. Pulau Nipa 





Pulau Nipa termasuk salah satu pulau terluar dari 12 pulau prioritas. Pada awal tahun 2000 pulau ini menjadi perhatian utama akibat penambangan pasir yang diekspor untuk reklamasi daratan Negara Singapura yang menyebabkan luas pulau ini berkurang dan nyaris tenggelam. Saat ini Pulau Nipa telah direklamasi dan dibangun pangkalan TNI AL untuk menjaga kedaulatan Pulau Nipa yang letaknya cukup dekat dengan Malaysia. Penduduk sekitar menyebut pulau ini dengan Pulau Angup.
Pulau Nipa, adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di perbatasan Indonesia dengan Singapura, dan merupakan wilayah dari pemerintah kota Batam, provinsi Kepulauan Riau. Pulau ini berada di sebelah barat laut dari pelabuhan Sekupang di pulau Batam yang dapat dilihat dalam jalur perjalanan ferry dari pelabuhan Sekupang menuju pelabuhan HarborFront di Singapura. Letak koordinat dari Pulau Nipa adalah 1° 9′ 13″ LU, 103° 39′ 11″ BT.

4. Pulau Ararkula 

Pulau Ararkula berdasarkan perpres 78 tahun 2005 merupakan salahsatu pulau terluar di Indonesia. Namun secara fisik pulau tersebut hanyalah gosong pasir. Pulau Ararkula ini tidak berpenghuni. Pulau Ararkula (nama lokalnya yaitu Pulau Konan Danar) menjadi tempat singgah dan tempat tinggal sementara bagi masyarakat dari desa-desa sekitar (khususnya desa Salmona/Selemona) yang sedang mencari hasil laut, dengan mendirikan bangunan-bangunan ukuran kecil dari kayu dan atapnya dari daun kelapa. Pulau ini ditumbuhi berbagai macam vegetasi, seperti pohon kelapa, sagu, mangrove dan lain-lain.



5. Pulau Lingian 



Pulau Lingian adalah salah satu dari 3 pulau terluar yang berada di wilayah provinsi Sulawesi Tengah. Luasnya adalah 200 KM2 dan berbatasan dengan Melaysia. Posisi geografisnya adalah 00° 59' 55" U 120° 12' 50" T

6. Pulau Dana 





Pulau Dana merupakan pulau paling selatan di Indonesia. Pulau Dana yang merupakan salah satu dari 92 pulau terluar Indonesia dan terletak di Samudera Hindia ini berbatasan langsung dengan negara Australia. Letaknya berada di sebelah selatan Pulau Rote. Pulau Dana yang berjarak 120 kilometer dari Kota Kupang dan 4 kilometer dari Pulau Rote ini merupakan salah satu pulau kecil yang tidak berpenghuni tetap. Pulau Dana yang merupakan bagian dari wilayah administratif Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur ini terletak pada titik koordinat: 11° 0′ 36″ LS, dan 122° 52′ 37″ BT. Dari titik koordinat ini bisa dipastikan bahwa pulau Dana merupakan pulau yang berada di paling selatan wilayah Indonesia.

7. Pulau Leti 



Pulau Leti adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Timor dan berbatasan dengan negara Timor Leste. Pulau Leti ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah kabupaten Maluku Barat Daya, provinsi Maluku. Pulau ini berada di sebelah timur laut dari negara Timor Leste dengan koordinat 8° 13′ 20″ LS, 127° 38′50″ BT.

8. Pulau Manuk 


Pulau Manuk adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Samudra Hindia dan berbatasan dengan negara Australia. Pulau Manuk ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah kabupaten Tasikmalaya, provinsi Jawa Barat. Pulau ini berada di sebelah barat dari pantaiPangandaran dengan koordinat 7° 49′ 11″ LS, 108° 19′ 18″ BT.


0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Total Pageviews

 

(c)2009 I Was Just Here. Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger