Pages

Sabtu, 27 April 2013

Kebijakan Di Era Globalisasi



Menurut sumber dari wikipedia, Globalisasi adalah keterkaitan dan ketergantungan antar bangsa dan antar manusia di seluruh dunia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya populer, dan bentuk-bentuk interaksi yang lain sehinga batas - batas suatu negara menjadi semakin sempit. 

atau singkatnya suatu proses di mana antar individu, antar kelompok, dan antar negara saling berinteraksi, bergantung, terkait, dan memengaruhi satu sama lain yang melintasi batas negara. 

jadi kita sebagai salah satu masyarakat global modern,yang seperti kita ketahui bahwa negara kita itu multikultural yang kaya akan kebudayaan berupa ras & agama,menjadi suatu kelebihan tersendiri bagi bangsa Indonesia dibandingkan negara lain. dengan adanya globalisasi, globalisasi telah menghilangkan batas & waktu dari setiap individu di dunia ini. 

Dampak dari globalisasi di Indonesia pun tentu saja ada & banyak,beberapa di antaranya ada yang mendapat respon negatif & positif

contohnya : 

  • Dampak globalisasi dalam bidang ekonomi, antara lain :
Globalisasi dan liberalisme pasar telah menawarkan alternatif bagi pencapaian standar hidup yang lebih tinggi. Semakin melebarnya ketimpangan distribusi pendapatan antar negara-negara kaya dengan negara-negara miskin. Munculnya perusahaan-perusahaan multinasional dan transnasional. Membuka peluang terjadinya penumpukan kekayaan dan monopoli usaha dan kekuasaan politik pada segelintir orang. Munculnya lembaga-lembaga ekonomi dunia seperti Bank Dunia, Dana Moneter Internasional, WTO.
  • Dampak Globalisasi dalam bidang Sosial Budaya :

Semakin bertambah globalnya berbagai nilai budaya kaum kapitalis dalam masyarakat dunia. Merebaknya gaya berpakaian barat di negara-negara berkembang. Menjamurnya produksi film dan musik dalam bentuk kepingan CD/ VCD atau DVD.

  • Dampak Globalisasi dalam bidang Politik Negara : 
Tidak lagi dianggap sebagai pemegang kunci dalam proses pembangunan. Para pengambil kebijakan publik di negara sedang berkembang mengambil jalan pembangunan untuk mengatasi masalah sosial dan ekonomi. Timbulnya gelombang demokratisasi ( dambaan akan kebebasan ).

Dampak positif-nya globalisasi  : 
  1. Mudah memperoleh informasi & ilmu pengetahuan.
  2. Mudah melakukan komunikasi.
  3. Cepat dalam bepergian (mobilitas tinggi)
  4. Menumbuhkan sikap kosmopolitan & toleran.
  5. Memacu untuk meningkatkan kualitas diri. 
  6. Mudah memenuhi kebutuhan. 
Dampak negatif-nya globalisasi : 
  1. Informasi yang tidak tersaring.
  2. Perilaku komsumtif.
  3. Membuat sikap menutup diri,berpikir sempit.
  4. Pemborosan pengeluaran dan meniru perilaku yang buruk. 
  5. Mudah terpengaruh oleh hal yang berbau barat. 
tentu saja buat generasi muda seperti kita sangat mempengaruhi sekali,terutama terhadap perkembangan mental "Generasi muda di Indonesia" saya juga sangat merasakan sendiri.contohnya seperti style anak muda sekarang dari style rambut & style gaya berpakaian,dan orang lebih senang menutup diri di karenakan lebih banyak mengambil style hidup orang barat. padahal belum tentu cocok untuk kita. 

Kenapa? misalkan di negara barat, di sana mereka mempunyai beberapa iklim ada musim panas,musim dingin & musim gugur. tentu saja mereka yang di negaranya sedang musim panas mungkin lebih dominan memakai pakaian minim, yang di karenakan cuacanya panas,atau juga musim dingin yang lebih banyak mengenakan mantel tebal dll. 

begitu juga dengan adanya internet yang siapapun dapat mengaksesnya, terlebih lagi lebih banyak ber-chating / membuka akun hanya untuk melihat, yang selalu saja di jadikan alasan untuk sharing bertukar pikiran. padahal dengan adanya social media orang - orang lebih menunjukkan siapa mereka maka gak heran di beberapa situs pun selalu ada saja yang mengulas cara mengetahui karakteristik seseorang dari twitter & facebook dsb. dibandingkan untuk browsing informasi / berita yang berguna. 

yang saya paling saya sesalkan sebagai penguna handphone, saya juga terkadang tidak menyadari akan penggunaannya,misalnya ketika kita sedang berinteraksi (ngobrol) terhadap lawan bicara ,saya tanpa sadar (refleks) menggunakan handphone yang seharusnya di gunakan di suatu kondisi / waktu yang tepat ketika lawan bicara saya sudah tidak ada. dengan adanya hal seperti ini tentu saja rasa sosial terhadap orang lain juga kurang karena lebih sibuk memilih menggunakan handphone

belum lagi soal sikap kita, yang terkadang tidak adanya sikap kesopanan, lebih banyak cuek-nya di bandingkan peduli terhadap sesama atau lingkungan. sehingga lebih banyak bertindak sesuka hati. 

untuk itu kita harus lebih bijak lagi dalam menghadapi globalisasi, bisa dengan cara - cara yang paling sederhana. seperti : 
  1. Menyaring budaya asing yang masuk ke negara kita yang sesuai dengan kepribadian bangsa. 
  2. Mencintai atau membeli produk dalam negeri. 
  3. Meningkatkan produksi dalam negeri agar dapat bersaing dengan produksi negara-negara maju.
  4. Berusaha mengikuti perkembangan iptek. 
  5. Tidak bergaya hidup mewah - mewahan. 
  6. Meningkatkan iman k& takwa kepada "Tuhan Yang Maha Esa"
sumber : http://www.academia.edu/1638400/Indonesia_di_tengah_arus_Globalisasi
              http://sro.web.id/dampak-globalisasi.html
              http://margarethatha.wordpress.com/2012/03/02/tips-menghadapi-globalisasi/

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Total Pageviews

 

(c)2009 I Was Just Here. Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger