Pages

Rabu, 06 Maret 2013

Hilangkh Identitas Kita?




Indonesia where I was born, come, stay for a very long time. hri ini sy sgt tertegun mendengar cerita beliau,his right,belajar tuk mengenal negara kita sndiri di saat perkuliahaan ada gunanya.trkdang sbgai mahasiswa trmsuk sy jg kt bljr di perkuliahn trllu fokus pd jurusnnya,smpe2 kt mlupaknnya. 
aplgi yg jrusannya wktu SMA IPS sorry wat yang ngrasa nak IPS (bosen yh 2 thun di jejalin pjrn geografi,sejarah,dll), di Ipa pun jg ada kog. gue jg ngrasa malu bgt di tanya luas indonesia pun lupa.ya ampunn balik lagi deh ke SD. pdhl gue dlu sgt sk yg nm nya mghapal,aplgi lw ttg sejarah,smpe2 di bangku SMA pun gue pnya 1 saingan,cr bljr gue sm dy si N (kmbrn gue) unik tiap perhlmn di bagi satu2 hlmn,buat gue 1 wat dy 1. tapi gue akuin dy smart,nilai gue sm dy beda tipis.
Itu hanya pada saat SMA, balik lg ke bangku perkuliahan.di perkuliahan gk da pikiran gue bs ketmu lg sm makul PPKN.gue ga menyalahkn ada/tdknya makul ini. yang jls gue rs makul ini perlu.tujuan sih jls untuk mnyadarkan kita melihat kondisi negara kita sprti apa,krisis yg di hadapi apa,bgaimn cr mgtasi,taw mungkin bs menuangkan ide2,& isi2 pemikiran kt.dan di dlm pembukaan UUD 1945 lo bs nemuin di paragraf 4
 " Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu Pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap Bangsa Indonesia & seluruh tumpah darah Indonesia & untuk memajukan kesejahteraan umum,mencerdaskan bangsa,& ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan,perdamaian abadi & keadilan sosial,maka di susunlah kemerdekaan Kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasarkan kepada : Ketuhanan yang Maha Esa,Kemanusiaan yang adil & beradab, Persatuan Indonesia,& Kerakyatan yang di pimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan,serta dengan mewujudkan suatu Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia".
semua itu terangkum dalam pancasila, dan di dalam sila2 yang terdapat pada pancasila mnrut gue ada arti tersendiri
menurut saya : 

pertama "Ketuhanan yang Maha Esa" adalah tiap WNI berhak atas agamanya sendiri,kebebasan untuk memilih agama, yang Esa artinya satu. jadi tiap WNI perindividunya hnya boleh memiliki satu keyakinan saja ga boleh lebih.
kedua "Kemanusiaan yang adil & beradab" tiap WNI menjungjung tinggi kemerdekaan sebagai hak dengan mewujudkan keadilan agar peradaban yang di miliki gak lemah.

ketiga "Persatuan Indonesia" tiap WNI harus bisa menghilangkn kekuatan/perbedaan dengan cara menumbuhkan rasa senasib sepenangungan dengan cara seperti ini bisa bersatu wat negaranya.

ke-empat "Kerakyatan yang di pimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan" WNI bebas memilih siapa pemimpin wat negaranya,karena adanya keputusan bersama. 

ke lima "Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia" WNI bebas wat melindungi bangsa & negaranya.
ada juga kandungan norma2 yang terdapat di pancasila begitu juga asas2nya. untuk lebih jlsnya mungkin lbh tepatnya anda bs browsing/ read some book. sekiranya yang saya tahu cm ini sj.
  
Beberapa bulan yang lalu ketika UTS telah usai, saya msh sempat mengingat  prtnyaan dosen saya "Menurut kamu sendiri kenapa pancasila di sebut sebagai dasar negara"? saya cuma bisa menjawab "Karena sila2 yang terdapat pada pancasila merupakan pedoman hidup Bangsa Indonesia".lalu si dosen bertanya lagi,"Pedoman hidup yang kamu maksud itu sperti apa"? saya pun diam, di sini saya msh mrasa pengetahuan trhdap negara sendiri kurang,aplgi dengan status kita yang sbgai WNI 
                                      "apakh cm suatu identitas sj"? 


0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Total Pageviews

 

(c)2009 I Was Just Here. Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger